IPA atau IPS = SUCCESS !

Author: Tyoncom /

Dalam kehidupan kita pasti dihadapkan kepada pilihan dan pilihan itu yang bisa membuat kita lebih baik ataupun juga bisa membuat kita jauh terpuruk. Seperti biasanya saat kita kelas X SMA dan lalu naik ke kelas XI, pasti kita akan dihadapkan kepada dua pilihan atau lebih yaitu mengenai penjurusan. Ada yang berminat dan berkemampuan ke jurusan IPA(*Ilmu Pengetahuan Alam, bukan Ilmu Pengetahuan Alam barzah ataupun Alam “mbah dukun”), IPS (*Ilmu Pengetahuan Sosial, bukan Ilmu Pengetahuan Science ataupun Ilmu Pengetahuan Santet) ataupun Bahasa (kalo yang ini gak ada di sekolah gua). Tak bisa hanya menghitung kancing untuk menentukan jurusan itu, kita harus berusaha dan didukung secara alamiah oleh bakat kita sendiri serta tidak lupa pertolongan Allah. Menurut gua, kelas X ini masa-masa terberat dalam kehidupan akademis gua karena saat UAS aja setiap hari ada tiga pelajaran yang di-UAS-kan sehinga gua harus rela begadang kalau ada perlunya seperti kata bang Rhoma(lho?).

Dan Alhamdulillah gua sekarang udah bisa masuk jurusan IPA (jurusan yang gua inginkan) dan Alhamdulillah juga udah bisa masuk kelas XI A3 dengan namanya “STICKER ITEM STREREO CLASS”. Haha, cukup panjang namanya dan cukup gak “meaning” banget itu nama. Dari beberapa orang temen gua, ada yang udah masuk IPA lalu pindah ke IPS, dan ada juga yang dari IPS pindah ke IPA. Gak tau, apakah mereka salah menilai diri mereka sendiri atau emang mereka yang “multitalent”. Ini percakapan gua dengan temen gua yang terjerumus ke IPS, inisialnya YSW cekidot

Gua : Eh….elo..
YSF : Eh….elo…yo..
Gua : Gimana? Masuk IPA /IPS?
YSF : Ehmmm…..(diem cukup lama)…..IPS gua yo..
Gua : Emang mau IPS? Apa terjerumus ke IPS?
YSF : Tadinya sih gua mau IPA, tapi masuknya IPS. Bisa dibilang sih gua terjerumus.
Gua : Gapapa kawan dunia belom berakhir, jadi lo gak usah bunuh diri pake nahan napas sejam, atau lo mau makan gorengan di tengah jalan tol karena ntar lo mati konyol. Wkwkwk
YSF : Lo masuk mana yo?
Gua : Alhamdulillah IPA, lo gak “WL”(WL=Waiting List) aja?
YSF : Kagak…gua yo
Gua : Oh gitu..berarti pasrah gitu aja dong…
YSF : Yo’i… pasrah UNGU aja gua…hahaa
Gua : %$%^&$%^&(&^& (GAK JELAS !)

Hahahaha…..itu percakapan gua dengan orang yang terjerumus ke IPS dan dengan santai dia pasrah kalo dia harus terjerumus ke IPS yang sebenernya IPA adalah jurusan tujuannya. Selain itu ada juga yang udah masuk IPA tapi malah pindah ke IPS, inisialnya FP

Gua : Assalamualaikum
FP : Wa’alaikumsalam
Gua : Gimana masuk IPA / IPS ?
FP : IPA lagi gua, sebenernya gua maunya masuk IPS
Gua : Lah? (bingung)
FP : Gua lagi mikir nih yo, mau ngelanjutin IPA atau pindah ke IPS
Gua : Okeh lo mau jadi apa?
FP : Sebenernya sih gua mau jadi ekonom
Gua : Oh gitu, berarti lo harus pindah ke IPS. Kasihan orang yang pengen IPA terdampar di IPS
FP : Oh gitu
Gua : Kata murabbi gua sih kalo kayak gitu shalat istikharah aja. Jangan sampe lo sms ketik REG(spasi)MAMA kirim ke 9910 dan SMS langsung dari MAMA lho!,
FP : #%$^%&(^ (aneh lo)

Subhanallah, orang pinter IPA tapi dia mau masuk ke IPS karena cita-citanya ada di IPS. Dan ada lagi temen gua yang cita-citanya jadi ekonom dan mau ngelanjutin kuliah ke FE UI dia tetep di IPA. Mungkin karena gengsi, tapi gak tau dech(Bang Judin style). Inisialnya MIS

Gua : Hoooooiiii….
MIS : yo lo masuk mana?
Gua : maksud? Masuk apaan nih? Kurang spesifik
MIS : Jurusan
Gua : Ooooohhh….IPA, lo?
MIS : IPA juga dong….
Gua : Emang lo ntar mau kuliah jurusan apa?
MIS : FE UI
Gua : WHAAAATTTSS???? *ditambah musik kaget ala termehek-mehek*
MIS : Emang napa?
Gua : Lo merasa bersalah gak sama anak IPS?
MIS : Enggak sih, biasa aja
Gua : Yaudah deh, semoga pilihan yang benar

Gua pernah baca novel yang judulnya “The Kite Runner”-Khaled Hosseini, disitu ada quote yang gua dalemin maknanya, yaitu “Sesuatu yang terjadi dalam beberapa hari, kadang-kadang bahkan dalam sehari bisa mengubah keseluruhan jalan hidup seseorang.” Mungkin artinya dalam memilih sebuah pilihan kita harus bisa menentukan pilihan yang benar dan pilihan itu bisa merubah jalan hidup kita untuk menuju yang lebih baik ataupun yang lebih buruk.

Dalam Al Quran surat As-Syams ayat 8 yang artinya “maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.” Berarti Allah telah memberikan kita dua jalan yang pertama jalan yang berat menuju ketaqwaan (kebaikan) atau jalan yang mudah tapi menuju kefasikan (keburukan). Oleh karena itu kita harus bisa memilih jalan yang benar untuk menuju sebuah target(tujuan hidup) kita. Dan dengan target itu jalan kita menuju target itu menjadi terarah dan FOKUS! Dan baik IPA maupun IPS sama baiknya tergantung cara kita bisa memanfaatkan itu ditambah bakat serta ridha Allah untuk mencapai target kehidupan kita.

0 komentar:

Posting Komentar