Practice !

Author: Tyoncom /

Masing-masing manusia memiliki kemampuan individu yang berbeda-beda. Bervariasinya kemampuan itu tergantung bakat alamiah orang tersebut. Dan berkembangnya bakat menjadi sebuah puncak kesuksesan tergantung dari minat kita terhadap bakat yang kita miliki. Bakat bukan secara cuma-Cuma kita dapatkan, melainkan bagaimana kita bisa mengembangkan sebuah minat menjadi bakat dalam diri kita. Kuncinya adalah selalu berlatih! Dan tak takut salah. Karena sesungguhnya ketika kita melakukan sebuah kesalahan, secara tidak langsung kita belajar cara untuk tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Akan tetapi, bukan berarti kita harus selalu melakukan sebuah kesalahan. Dan untuk menghindari sebuah kesalahan adalah sebuah perencanaan yang matang. Salah satu Murabbi pernah berkata seperti ini “Kegagalan merencanakan merupakan merencanakan sebuah kegagalan”. Kata-kata yang nancep banget buat gua.

Latihan yang terus-menerus akan membuat kita menjadi seorang ahli. Tidak percaya? Contoh, kenapa kebanyakan para umat NONI (Non Islam) dapat menyanyikan dan membawakan sebuah lagu atau karya musik dengan baik? Jawabannya adalah karena mereka setiap minggu atau bahkan setiap hari mereka bernyanyi untuk memuji Tuhan mereka dan karena cara memuji atau berdoa mereka adalah dengan sebuah nyanyian (senandung). Jadi secara tidak langsung mereka bisa membawakan sebuah lagu dengan baik dibandingkan dengan yang lain, karena mereka belajar secara tidak langsung dari sebuah kegiatan rutin yang mereka lakukan.

Apa kunci jadi seorang pemain bola profesional? Latihan! Bukan hanya latihan rutin biasa, tetapi kita harus menunjang latihan itu dalam konteks kuantitas dan kualitas latihannya. Pernah dengar cerita tentang Lim Swie King? Dulu ketika dia mempersiapkan sebuah pertandingan melawan Rudi Hartono, pelatih menyuruhnya lari keliling lapangan sebanyak 25 kali untuk memperkuat fisiknya. Akan tetapi, apa yang dilakukannya? Dia menambah jumlah larinya menjadi 30 kali putaran.

Pernah melihat seseorang mendapat nilai fisika 100 tanpa belajar dan latihan soal sebelumnya? Tentu sulit menemukan orang tersebut, dan mungkin hanya orang level super duper jenius yang bisa. Kalian mau dapat nilai sempurna dalam ulangan? Latihan adalah jawabannya.

Pepatah Inggris mengatakan “There’s a will, there’s a way” Dimana ada sebuah keinginan disitu ada jalan. Pepatah berbahasa arab mengatakan “Man Jadda Wa Jadda”(*kalo gak salah, hhe) Dimana ketika kita bersungguh-sungguh, kita akan berhasil (sukses). Kita bisa simpulkan bahwa hasil pasti akan sama dengan bagaimana kita berusaha mendapatkan suatu hasil yang terbaik, singkatnya(rumusnya) adalah Hasil yang baik = Usaha yang keras.

Seorang yang sukses di dunia ini pun pasti pernah terpuruk, dan dia belajar dari keterpurukannya serta keterpurukannya itu sendiri menjadi sebuah acuan bagi dia untuk mengambil langkah maju dan berdiri kembali meneruskan perjuangan

0 komentar:

Posting Komentar